Siapa Alvin John Winata ?

Alvin John Winata adalah, Penulis amateur dengan rambut jamur, panggilan populernya itu "BABI CHINA" dengan tangan kidal juga ia menulis, dan alergi terhadap udang. Bertekad untuk mengokilkan dunia. orang yang sangat suka kreativitas, hidupnya sangat liar dimana pun dia berada, lahir di Jakarta, karena Jakarta itu keras, campuran antara China dan Jawa. Suka sama hal-hal yang berbau aneh dan autis, serta suka musik yang beralur pelan nan syahdu. prestasi yang diagungkannya yaitu juara satu dalam lomba pintak jongkok, dan runner up manjat Sutet dekat Banjir Kanal Timur penghibur semua orang-orang yang normal dimana saja dan kapan saja, Funny, Idiot, lagi sibuk-sibuknya jatuh cinta. IDIOT BLOGGER | @alvinjw

Sabtu, 01 Oktober 2011

LIKA-LIKU LANSIA (Part 1)


“LIKA-LIKU LANSIA”



            Lansia ? apa itu lansia ? Lansia bisa diartikan dengan “Lanjutan usia”. Gue sempet survey lebih dari lima puluh orang udah pada tau apa arti Lansia. Jadi lansia itu adalah, dimana orang-orang yang udah menjadi orang tua, umurnya sekitar enam puluh lima keatas. Yang biasa semua orang sebut kakek-kakek atau nenek-nenek. Bukan berarti buyutnya kuda nil yang lagi kayang.


            Jadi lansia itu gak enak loh, hidupnya penuh penderitaan dan siksaan, contohnya sakit-sakitan dimasa tua, mau pun sakit jasmani dan rohani, mereka yang lansia hanya pasrah dan menerima takdir dari Allah. Mereka juga gak mau seperti itu, ini semua udah jalan dari Yang Diatas, kita anak muda juga bakal ngerasain hidup lansia.


            Kakek atau nenek, iyak orang-orang yang udah lansia punya segudang pengalaman dan lika-liku kehidupan antara susah maupun gembira, mereka mempunyai ilmu yang cukup tingginya daripada yang muda, mereka juga ditakdirkan untuk menjadi lansia, mereka sudah tua, mereka sudah kuat, kuat untuk angkat besi. Bukan, bukan mereka udah kuat untuk menerima sisi kehidupan mereka di lansia.


            Tapi, gue perhatiin sih, kakek-kakek dan nenek-nenek lebih banyak nenek-nenek, iya gak tau kenapa, tapi emang benar kebanyakan kakek-kakek meninggalkan istrinya terlebih dahulu, dan membiarkan sang nenek hidup sendiri atau disebut janda. Analisis gue sih kakek-kakek disaat muda nya udah berkerja keras demi menafkahi istri dan keluarganya mungkin karena di usia tuanya kakek-kakek meninggalkan nenek terlebih dahulu, “Sabar ya nek, sudah nasib mu menjadi janda”.


            Di kehidupan gue, gue juga tinggal bersama dua orang nenek-nenek yang tidak lain adalah, nenek dari nyokap gue, dan yang satu lagi adalah adiknya. Mereka berdua udah ditakdirkan hidup bersama gue, iyak gue yang jago renang di BKT. Ciri-ciri mereka berdua emang beda jelas, yang satu kakaknya lebih gendut dan makmur, dan adiknya kurus kayanya adiknya lebih menjalankan penderitaan pada waktu mudanya di zaman Jepang.


            Hidup sama dua nenek-nenek memang harus sabar dan lebih memakan energi, dan energi gue terkuras bagaikan salto di akuarium yang isinya ikan piranha kelaparan pengen geragotin titit gue. Spesifikasinya nenek yang dari nyokap gue, gue panggil embah, dan adik nya gue panggil emak. Itu udah panggilan dari kecil dan mungkin menurut gue itu panggilan dari alam.


            Embah, iya embah, dia udah lansia mungkin umurnya udah lebih dari tujuh puluan keatas. Gue harus lebih sabar buat merawatnya, begitu juga nyokap, bokap dan adik-adik gue. Yaah, namanya orang tua yang udah lansia. Embah, kalau ngomong selalu pakai bahasa jawa yang medok, komat-kamit mulu gak ngerti dia ngomong apa! Mungkin embah lagi senam yoga dan itu mantranya.

            Embah juga sangat manja layaknya anak kecil, emang sih beliau punya kamar sendiri, dan kebiasaan dia yang gak bisa dihilangin dari hasil kunjungan dia ke Pulau pelosok Kalimantan yang jauh, yang didalamnya ada spesies monyet ngepet silangan antara gajah mandul dan burung beo pesek. Yap, embah memang manja, suka banget ngetok-ngetok kursi atau ranjang kasur dengan sisir kramatnya dan manggil-manggil pengen sesuatu, contohnya, waktu itu, waktu gue lagi asyik-asyiknya manjat sutet, eh main game, dia manggil gue,

“Alviiiin…… Alviiiinn………” (Sambil ngetok-ngetok kursi dengan sisir kramat)

“Iyaaa……..”

Gue panik seribu keliling, gue lihat keluar jendela, apakah ada tsunami, gue liat jam dinding, ternyata gak goyang, berarti gak ada gempa, gue liat aquarium gue, ada kecebongnya masa.
“Tolongg… bantuin embah ketoilet mau pipis”.

Mati gue, gue paling gak bisa ngeliat orang tua atau lansia, pipis apalagi berak, kenyataannya jorok tau, disitu gue bingung, nanti kalau gak gue tolongin gue pasti dosa.

“Mami……… embah tuh pengen pipis”. (sambil garuk-garuk pantat)

Siasat itu gue jalankan, hahaha nyokap gue jalan satu-satunya buat ngebantuin si embah yang udah gak tahan pengen duduk dikloset dan menikmati keluarnya air seni. Dan disitu pun nyokap gue kelabakan.


            Iya, emang ngurus embah harus penuh kesabaran dan kejijikan, tapi gue tau gue juga biasanya ngebantuin dia jalan ke ruang tamu, dapur, teras depan kecuali TOILET gue gak mau ngeliat dia pipis atau berak. Embah emang udah gak bisa jalan, pernah satu kali embah ngerengek minta kursi roda, waktu itu dia bilang ke nyokap gue,
“Nak, tolong lah mamamu ini dibelikan kursi roda”. (Dengan logat Jawa yang lebih mirip wayang keselek duren).

“Gini loh ma, kalau ku beli kursi roda mama tambah gak bisa jalan”.

“Iya, mbah nanti embah lumpuh loh, gak bisa jalan, kakinya di amputasi”.

Gue nakut-nakutin embah aja, gak tau kesel apa kemasukan setan wayang keselek duren itu, tapi kayanya kata-kata gue dosa banget deh.


            Tapi, embah ini baik loh, jadi ya suaminya itu veteran empat lima, dulu tentara militer dan nembakin para penjajah Belanda dan Jepang. Iya dia itu kakek gue, kakek gue veteran empat lima loh. Semenjak embah gue ditinggal kakek gue, kakek gue dapet pension gitu dari pemerintah Indonesia dan setiap bulan yang nerima pensiun itu adalah istrinya yang gak lain embahm gue, yak lebih dari cukup buat jajan embah gue, emang embah gue suka jajan jajan maklum orang jawa. Jadi ya, otomatis setiap bulan gue dapet juga uangnya, yak sebulan dua ratus ribu, hahaha gue cukup bangga juga sih. Gue emang licik ya kaya tupai guling-guling di Sutet.


            Terkadang, embah peduli sama gue, dia sering juga nanyain tentang kabar gue disekolah dan kabar gue dengan pacar gue/ eh mantan/ eh gak tau deh apaan. Dia pernah nanya ke gue,

“Vin, kok si “J” udah gak pernah kerumah lagi?”

“aku udah gak sama J embah, hihi”. *Tampang datar*

“Loh, kenapa toh ndok kamu kan udah cocok”.

“Iyaap, ada masalah sedikit embah, mungkin J udah gak suka sama Alvin, udah ngelupain Alvin, udah ngebuang Alvin, embah ya namanya juga cewek embah”.

“Sampai segitunya toh ndok, kamu yang sabar ya, masih banyak perempuan yang baik bakal ngedeketin kamu”.


            Ternyata embah enggak nyusahin juga, dia juga perhatian sama gue, dan disitu air mata gue sempet netes loh, mungkin emang kenyataan yang harus gue terima, gue dibuang gitu aja layaknya ban bekas yang sudah tidak terpakai, tenang kok sampai sekarang gue masih sayang sama J. Tapi embah sih terserah dia gak maksa buat gue cari cewek lain, embah ngelakuin yang terbaik dengan apa yang gue lakuin, oke gue sayang embah *Senyum pepsodent*. 

                                                                          
                LIHAT TANGAN SI EMBAH


            Adik dari embah, yang suka gue panggil emak. Iyap, dia juga ikut tinggal bersama gue. Sumpah hidup dia banyak yang pengalaman selama ikut di keluarga gue, dan banyak juga penderitaa. Adik dari embah ini biasa gue panggil emak, atau orang-orang bisa manggilnya maklik, entah kenapa maklik jadi kaya dukun beranak yang kerjaannya kumur-kumur pakai daun sirih.


            Emak ini emang udah nasib hidup bersama keluarga gue, karena suaminya udah meninggal lama dan anaknya juga meninggal, jadi beliau ikut gue dan sekarang masih sibuk-sibuknya ngurusin embah, kakak dia.


            Ciri-ciri emak emang berbeda dari embah, dia tersiksa banget, kenapa tersiksa? Jelas aja tersiksa dari bentuk fisiknya aja keliatan. Emak ini kurus banget gak kaya embah yang gendut layaknya kingkong kekenyangan makan obat nyamuk tiga roda. Emak juga pendek, jadi kurus pendek dan yang jelas udah tua, kira-kira umurnya tujuh puluhan, 3 tahun lebih muda dari embah.


            Banyak banget pengalaman-pengalaman derita sampai konyol dari emak, emak emang suka buat geger satu rumah atau panik satu rumah. Seisi rumah emang udah turut perihatin sama emak dan memakluminya karena dia udah cukup derita, tapi enggak derita kaya kecebong yang ngerayap diempang.


            Iya karena, beliau yang ngejaga embah, emak juga ikutan sering nyebokin embah kalau lagi eek, suka bersihin muntah embah kalau lagi epilepsinya kambuh, eh maagnya kambuh. Suka pergi kewarung beli jajan embah, suka cuciiin baju-baju embah, mulia sekali emak ini, kaya power ranger melawan monster dari Mars, turut prihatin.

0 komentar:

Posting Komentar

Yang Ngintip Blog Idiot Ini, ada........

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Bagaimanakah blog saya menurut anda ?

Temukan Blog ini !

Powered By Blogger